Open Map Disperkim Jabar

OPEN MAP merupakan aplikasi informasi data spasial berbasis lokasi untuk menginformasikan data penatagunaan tanah secara online dengan memanfaatkan teknologi dan GPS.

OPEN MAP bermanfaat sebagai perangkat survey lokasi bagi internal Seksi Penatagunaan Tanah sehingga mampu dengan cepat menyajikan akses informasi penatagunaan tanah dan data kondisi tanah sebagai bahan dan masukan pengambilan kebijakan penyediaan tanah khususnya untuk mengakselerasi pembangunan perumahan dan permukiman di Jawa Barat.

Bisnis proses tersebut dirancang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pertanahan yang berlaku antara lain Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Penatagunaan Tanah serta Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 7 tahun 2019 Tentang Penjabaran Urusan Wajib Oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Regulasi tersebut menjadi landasan bisnis proses aplikasi peta penatagunaan tanah yang dimodifikasi sesuai kebutuhan informasi penatagunaan tanah untuk mengakselerasi pembangunan perumahan dan permukiman sebagai target unit kerja Seksi Penatagunaan Tanah pada Bidang Pertanahan Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat. Informasi yang dapat ditampilkan antara lain data lokasi tanah, status penguasaan, penggunaan eksisting, arahan pemanfaatan sesuai RTRW, dokumentasi lapangan terkini, koordinat lokasi dan juga aplikasi dirancang untuk dapat memandu pengguna menuju lokasi obyek tanah. Kecepatan akses informasi peta penatagunaan tanah untuk lokasi pembangunan perumahan dan permukiman menjadi bisnis proses utama OPEN MAP ini.

Unduhan

Aplikasi Open Map Disperkim Jabar
Pedoman Penggunaan Aplikasi