Rapat Koordinasi Penatagunaan Tanah Se-Jawa Barat dan Sosialisasi Aplikasi Open Map

4 Juli 2019   Meikha

Tempat & Waktu pelaksanaan : Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, 4 Juli 2019.

Pemateri :

  1. Dra. Lisa Riyanti
  2. Irvan Rusdiansyah, ST., MM.
  3. Dudun A. Rozak, ST., M.Si.

Moderator :

  1. Drs. Dede Wahyudin, MM.
  2. Yandi Triman, ST., M.Si.

Dalam rangka Pembinaan dan Pengawasan sub urusan Pertanahan di Jawa Barat dengan fokus pada Optimasi Penatagunaan Tanah untuk Mengakselerasi Pembangunan Perumahan dan Permukiman maka Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat (Disperkim Jabar) mengadakan acara Rapat Koordinasi Penatagunaan Tanah Se-Jawa Barat dan Sosialisasi Aplikasi Open Map pada Hari Kamis, 4 Juli 2019.

Rapat koordinasi sekaligus sosialisasi yang berlangsung di Aula Bale Riung, Lantai 1, Kantor gedung Disperkim Jabar ini dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc dan dihadiri oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat; Bagian Pertanahan pada bagian Pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang, Pangandaran, dan Kota Cimahi; Tim Efektif Proyek Perubahan OPEN MAP; Analis/Perencana Bidang Perumahan; Analis/Perencana Bidang Infrastruktur Permukiman; Analis/Perencana Bidang Kawasan Permukiman; Pengelola Aset pada Sekretariat Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat dan Praktisi Perumahan dan Permukiman Jawa Barat (Tim Akselerasi Pembangunan).

Pada acara tersebut terdapat 2 agenda. Agenda pertama yaitu Evaluasi Penyelenggaraan Sub-Urusan Pertanahan di Jawa Barat, dinarasumberi oleh Kepala Bidang Penelitian Pertanahan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Landreform Dan Konsolidasi Tanah, Dra. Lisa Riyanti dan Pengenalan Aplikasi Optimasi Peta Penatagunaan Tanah untuk Mengakselerasi Pembangunan Perumahan dan Permukiman (Open Map) oleh Kepala Seksi Penatagunaan Tanah Disperkim Jabar, Irvan Rusdiansyah, ST., MM. Agenda pertama dimoderatori oleh Yandi Triman, ST., M.Si., selaku Seksi Penatagunaan Tanah.

Dalam agenda pertama disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan Reforma Agraria di Jawa Barat yang telah ter-sertifikat Redistribusi Tanah Obyek Landreform dari tahun 2007 s.d. 2018 adalah sebanyak 175.537 bidang dan seluas ± 41.061,865 Ha. Selain itu dibahas juga mengenai objek tanah reforma agraria yaitu Tanah negara bekas hak dan atau tanah negara bekas tanah terlantar; Tanah hasil penyelesaian sengketa dan konflik agrarian; Tanah bekas tambang yang berada di luar kawasan hutan; Tanah timbul; Tanah yang berasal dari pelepasan kawasan hutan dan tanah hasil perubahan tata batas kawasan hutan; serta Tanah kelebihan maksimun, tanah absentee, tanah swapraja/ bekas swapraja dan tanah Negara lainnya.

Agenda terakhir adalah membahas mengenai Sinkronisasi Penyelenggaraan Urusan Pertanahan di Kabupaten/ Kota Se-Jawa Barat, dinarasumberi oleh direktur sinkronisasi urusan pemerintah daerah I Ditjen Bangda Kemendagri yang diwakili oleh Kepala Seksi Wilayah I Subdit dan Penataan Ruang, Dudun A. Rozak, ST., M.Si. dan dimoderatori oleh Kepala Bidang Pertanahan, Drs. Dede Wahyudin, MM.

Dalam kesimpulan yang disampaikan pada penutup materinya, Dudun A. Rozak, ST., M.Si. menyampaikan bahwa Kepala Daerah dapat melakukan integrasi perencanaan reforma agraria di daerah kedalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan perlu adanya koordinasi dan kesinergian penyelenggaraan urusan bidang pertanahan di daerah khususnya dalam hal pelaksanaan Kewenangan antara pemerintah daerah dan kanwil/kantah karena saling beririsan dalam pelaksanannya. Selain itu juga perlu memperkuat tugas dan fungsi pemerintah daerah dalam pelaksanaan urusan pertanahan, khusunya kontribusi dalam pelaksanaan program strategis nasional.

MATERI

1. Optimasi Peta Penatagunaan Tanah Untuk Mengakselerasi Pembangunan Perumahan dan Permukiman
2. Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Jawa Barat (Redistribusi Tanah dan Permasalahannya)
3. Sinkronisasi Penyelenggaraan Urusan Pertanahan di Kabupaten Kota Se-Jawa Barat

Galeri Foto –> LINK

Tinggalkan komentar

avatar
  Langganan  
Beri tahu