4 Apartemen Transit Pemprov Jawa Barat

Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat No 84 Tahun 2017 tentang Tugas Pokok dan Fungsi UPTD – P3JB dan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 27 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), pengelolaan Rusunawa/ apartemen transit milik Pemprov Jabar dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan dan Pelayanan Perumahan Jawa Barat (UPTD P3JB) Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat.

Proyek Pemprov ini biasa disebut apartemen transit daripada Rusunawa karena tujuan awal dibangunnya bangunan ini adalah untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) menabung memiliki rumah pribadi. Selain penghuni diharuskan membayar uang sewa yang terjangkau, kebijakan yang diterapkan pemerintah Jawa Barat bagi penghuni lainnya adalah wajib menabung, bertujuan agar penghuni bisa membeli rumah tetap dan tidak selamanya tinggal di apartemen.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempunyai 4 apartemen transit yang berlokasi di 4 lokasi Kabupaten/ kota yaitu di Kabupaten Bandung (Rancaekek dan Solokan Jeruk), Kota Bandung (Ujung Berung), Kabupaten Bandung Barat (Batu Jajar). Keempat apartamen transit tersebut diresmikan ketika periode Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar yang dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2015.

Berikut merupakan ke-4 Apartemen Transit Pemprov Jabar yang dikelola oleh UPTD P3JB Disperkim Jabar

  1. Apartemen Rancaekek
    Apartemen Transit Rancekek memiliki luas lahan hingga 3,8 hektar dengan 6 twin block dan ruang hunian mencapai 579 unit.
  2. Apartemen Ujungberung
    Apartemen Transit Ujung Berung yang memiliki 3 twin block dengan 226 unit.
  3. Apartemen Solokanjeruk
    Apartemen Transit Solokanjeruk denga luas lahan 0,9 hektar. Disini ada 2 twin block dengan 198 unit.
  4. Apartemen Batujajar
    Apartemen Transit Batu Jajar dengan 1 twin block, 89 ruang hunian.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di bp3jb.jabarprov.go.id/

Tinggalkan komentar

avatar
  Langganan  
Beri tahu