Pengetahuan Alam Semesta Menurut Al Quran dan Ilmu Pengetahuan

Pemberi Tausiyah : Dewi Kurnia, M.T.

Pada kesempatannya mengisi tausiyah pagi, Kasie Data dan Informasi, Ir. Dewi Kurnia, M.T., menyampaikan materi mengenai Pengetahuan Alam Semesta menurut Al Quran dan Ilmu Pengetahuan di Masjid Al Muhajirin Disperkim, Selasa (21/05/19). Beliau menyampaikan bahwa pada QS. Al Ghoshiyah: 17-20, Allah menyerukan manusia untuk senantiasa merenungi ciptaan-ciptaannya, salah satunya adalah merenungi penciptaan langit dan bumi karena sesunggguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar dari penciptaan manusia. Orang yang berakal cerdas menurut Allah SWT adalah orang yang mempelajari dan mentadaburi ayat-ayat Allah berupa penciptaannya. Allah menghargai ulil albab (orang yang berakal cerdas) tersebut dari siksa api neraka karena mensyukuri dan mengimani kebesaran Allah SWT.

Beliau juga menjelaskan bahwa pengetahuan tentang penciptaan langit dan bumi sudah tertera 14 abad yang lalu dalam QS. As-Sajdah: dan QS. An Naziat: 27-33 yang berisi bahwa langit dan bumi diciptakan dalam 6 masa. Pernyataan dalam Al Quran tersebut ternyata telah terbuktikan benar oleh pengatahuan manusia yang baru terwujud pada abad 19. Pembuktian ini seharusnya dapat menjadi bahan kita untuk semakin yakin bahwa seluruh ayat Al-Quran adalah benar dan tidak ada celah sedikit pun.

Di akhir tausiyahnya beliau berharap, semoga dengan materi yang disampaikan dapat membuat diri kita menjadi lebih sering bertafakur tentang keesaan dan kekuasaan Allah SWT, serta semakin yakin bahwa Al Quran memang tuntunan kita untuk tetap istiqooh dalam menjalankan syariat islam.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of