Fase-Fase Ramadhan

Pemberi Tausiyah : Dadi Darmadi, S.T., M.Eng.

“Ramadhan terbagi menjadi 3 fase. 10 Hari pertama adalah fase rahmat, 10 hari kedua adalah fase ampunan, dan 8 sampai 9 hari terakhir adalah fase bebas dari siksa neraka”, jelas Kasie Penyelenggaraan Bangunan Gedung, Dadi Darmadi, S.T., M.Eng., ketika membuka Tausiyah Pagi (23/05/19) di Masjid Al Muhajirin Disperkim.

Pengelompokkan hari-hari Ramadhan tersebut menggambarkan besarnya kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya yang taat melaksanakan puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Hari ini adalah hari ke 18 Bulan Ramadhan yang termasuk ke dalam fase ampunan (maghfirah). Beliau menyampaikan bahwasannya barang siapa yang bisa melewati puasa ini hinga fase kedua, Insyaallah akan mendapatkan ampunan yang tidak akan diperoleh di Bulan lain. Oleh karena itu, perbanylah melakukan sholat malam, memohon ampunan, berdoa, tilawah quran, berdzikir, dan menghindari dosa-dosa.

Beliau menjelaskan salah satu perbuatan yang sering tidak sadar maupun sadar dilakukan dan dikhawatirkan dapat mengurangi pahala puasa adalah marah. Beliau menjelaskan pada HR Bukhari No. 1904 dalam sabdanya Rasulullah nyeru orang yang berpuasa untuk tidak berkata kotor, bertindak bodoh dan berkelahi. Sesungguhnya, orang yang mampu menahan marah memiliki keutamaan dan keunggulan tersendiri di hadapan Allah. Beliau menjelaskan solusi paling efektif untuk dapat menahan amarah adalah dengan menghindari pernyebab amarah, berdzikir, dan beristighfar.

Tinggalkan komentar

avatar
  Langganan  
Beri tahu